Tuesday 26 July 2016

AGAMA BANGSA ARAB SEBELUM ISLAM


AGAMA TAUHID (agama nabi Ismail)
mayoritas masyarakat arab pada umumnya mengikuti dakwah nabi Ismail AS yaitu tatkala beliau menyeru kepada agama bapaknya yaitu nabi Ibrahim AS, yang intinya menyembah kepada Allah SWT.


AGAMA PENYEMBAH BERHALA
 adapun sejarahnya ketika ajaran yang bawa oleh nabi Ismail berjalan begitu lama, sehingga banyak diantara mereka melalaikan ajaran yang dianut sebelumnya. sekalipun begitu masih ada sedikit sisa-sisa tauhid dan beberapa syiar di ajaran agama Ibrahim, hingga munsul Amr bi Luhay, pemimpin bani Khuza'ah. dia tumbuh sebagai orang yang dikenal suka berbuat baik, sehingga semua orang mencintainya dan hampir mereka menganggapnya sebagi seorang ulama besar dan wali yang disegani. kemudia ia berjalan ke Syam dan melihat penduduknya yang menyembah berhala dan menganggap hal itu sebgai suatu yang baik dan benar. sebab menurutnya, syam adalah tempat nabi dan Rasul. maka dia pulang sambil membawa Hubal dan meletakkannya di dalam kakbah. kemudian dia mengajak penduduk makkah untuk membuat persekutuan terhadap Allah. orang-orang Hijazpun banyak mengikuti penduduk makkah, karena mereka dianggap sebagai pengawa Kakbah dan penduduk tanah suci.


AGAMA YAHUDI
agama yahudi masuk kedalm dunia arab setidaknya digambarkan dalam dua hal yaitu:
1. kepindahan mereka pada masa penaklukan bangsa Babilon dan Ansyur di palestina, yang mengakibatkan tekanan terhadap orang-orang yahudi, penghancuran negeri mereka dan pemusuhan mereka di tangan bukhtasar pada tahun 587 SM. banyak diantara mereka di tawan dan dibawa ke Babilonia. sehingga diantara mereka juga ada yang meninggalka Palestina dan pindah ke HIjaz.
2. dimulai dari pencaplokan negeri palestina oleh bangsa romawi pada tahun 70 M., yang disertai tekanan terhadap bangsa yahudi dan penghancuran terhadap haikal-haikal mereka, sehingga kabilah-kabilah mereka berpindah ke hijaz, dan menetap di Yastrid, khaibar, dan taima'. disan mereka mendirikan kampung yahudi dan benteng pentahanan. maka agama yahudi menyebar di masyarakat Arab lewat orang-orang yahudi.

AGAMA NASRANI
agam nasrani masuk kedalam dunia arab lewat penduduk Habasyah dan romawi. bangsa arab yang memeluk agama nasrani adalah dari suku-suku Ghassan, kabilah Taglin, Thai' dan yang berdekatan dengan orang-orang Romawi.


AGAMA MAJUSI
agama majusi banyak berkembang di lingkungan bangsa arab di kalanagn orang-orang arab yang berdekatan dengan orang-orang persi. agama ini juga berkemabng di kalangan Oraq Arab dan bahrainserta wilayah pesisir teluk arab.

AGAMA SHABIAH
menurut beberapa kisah dan catatan agam ini berkembang di Irraq dan lain-lainnya,


0 comments:

Post a Comment