Tuesday 2 August 2016

CERITA BAHASA ARAB : إطلاق الطيور MELAPASKAN BURUNG


رأى رجل من أمريقا ولدا يبيع طيورا في قفص. فوقف برهة ينظر ألى الطيور نظرة الكتب. لانه راها تطير من ذنب إلى اجر. تارة تطل. و تارة تحاول الخروج من بين الأسلاك. و في النهاية سأل الرجل الولد " كم ثمن هذه الطيور" . فأجب الولد " ثمن الطائر سبعة قروش ياسندي" فقال الرجل " انا لا أسالك من ثمن الوحد. و لكن أسأل عن ثمن الجميع. لا ني أرغب في شرائها كلها". فأجذ الولد يعد طيوره ثم قال "ثمنها ثلاثة و ستون فرشا". فنقد الرجل الولد الثمن. و سر الصبي بر بحه. و لما تسلم الرجل القفص فتح بابه. فخرجت الطيور. فدهش الولد من فعلته. و ساله عن السبب. فأجب : كنت سجنا ثلاث سنوات. و آليت علي نفسي أن لا أبخل بإطلاق سجين. متى استطعت إطلاقه".
MELEPASKAN BURUNG
Ada seorang lelaki Amerika yang melihat seorang anak kecil kecil yang menjual burung di dalam sangkar. Maka dia berhenti sebentar untuk melihat burung yang terlihat muram. Karena dia terbang dari rangka satu ke ranka yang lainnya. Kadang-kadang dia diam dan kadang-kadang dia mencoba untuk melepaskan diri untuk keluar diantara kawat. Maka pada akhirnya bertanyalah pemuda tersebut kepada anak kecil. “ berapa harga dari burung ini?” maka menjawablah anak kecil tersebut “ harga satu burng ini ada 7 furus” maka berkatalah pemuda tersebut “ saya tidak bertanya harga satu buahnya. Tetapi saya bertanya harga semuanya. Maka berjalanlah anak kcil iru sebentar “ harga semuanya adalah 36 fursun” maka pemuda tersebut mengkritik harga tersebut. Maka berjalanlah anak itu kembali dan tidak lama kemudian pemuda tersebut menerima sangkar dan melepaskan pintunya. Maka lepaslah burung tersebut.
Anak kecil tersebut merasa heran dari apa yang dilakukan oleh pemuda tersebut. Maka dia menjawab “ saya pernah dipenjara selama 3 tahun.maka saya tidak akan kejam setelah keluar dari penjara ketika saya bisa lepas.”  


1 comment: