Friday 29 July 2016

KELUARGA NABI (HASYIM)

keuarga nabi Muhammad shallahualaihi wassalam dikenal dengan sebutan keluarga Hasyimiyah, yang dinisbatkan kepada kakeknya, hasyim bin abdu manaf. oleh karena itu ada baiknya jika menyebutkan sekilas tentang keadaan Hasyim da keturunanya.

sebagaimana yang telah disebutkan hasyim adalah orang yang memegang urusan air minum dan makanan dari bani Abdu Manaf, tepatnya tatkala Bani Abdu Mnaf mengikat perjanjian denganbani Abdi-Dar dalam masalah pembagian kedudukan diantara keduanya. hasyim sendiri adalah orang yang kaya raya dan terhormat. dialah orang pertama yang memberikan remukan roti bercampur kuah kepada orang-orang yang menunaikan haji di Makkah. nama aslinya adalah Amru. dia di panggil hasyim karena suka meremukkan roti. dia juga orang pertama yang membuka jalur [erjalanan dagang dua kali dalam setahun bagi orang-orang Quraisy, yaitu sekali pada musim dingin dan sekali pada musim kemarau. seorang penyair berkata tentang hal ini.
" amru yang meremukkan roti bagi kaumnya
kaum makkah yang tertipa musim kering kerontang
dia tetapkan dua kali perjalanan untuk niaga
sekali perjalanan musim kemarau dan penghujan

diantara moment kehidupannya, dia pernah pergi ke Syam untuk berdagang. setiba di madinah Salma biti Amru , dari bani Ady binAn-najjar dan menetap disana bersama istrinya itu. lalu dia melanjutkan perjalanannya ke Syam, sementara istrinya tetap bersama keluarganya, yang saat itu sedang mengandung anaknya, Abdul Muthalib. namun Hasyim meninggal dunia setelah menginjak kaki di Palestina. sementara Salma melahirkan Abdul Muthalib pada tahun 497 M. dengan nama Syaibah, karena ada rambut putih (uban) di kepalanya. adapun pengasuhan selanjutnya diserahkan kepada bapaknya salma di Yastrib. sementara tak seorang pun dari keluarga Hasyim di Makkah yang merasakan kehadiran Abdul Muthalib. Hasyim mempunyai empat putra : Asad, Abu Shaify, Nadhlah dan Abdul Muthalib: dan lima putri : Asy-Syifa', Khalidah, Dhaifah, Ruqayyah dan jannah.


0 comments:

Post a Comment