Friday 22 July 2016

MASYARAKAT JAHILIYYAH (AKHLAK)


memang kita tidak memungkiri bahwa ditengah kehidupan orang-orang jahiliyyah banyak terdapat hal-hal yang hina, amoralitas dan masalah-masalah yang tidak bisa diterima kal sehat dan tidak disukai manusia. tapi meskipun begitu mereka masih memiliki akhlak-akhlak yang terpuji, mengundang kegaguman manusia dan simpati. di antara akhlak-akhlkak itu adalah:

1. kedermawanan

mereka salin berlombalomba dan membanggakan diri dalam masalah kedermawanan dan kemurahan hati. bahkan separoh syair-syair mereka bisa dipenuhi dengann pujian dan sanjungan terhadap kedermawanan ini. adakal seseorang didatangi tamu ynag kelaparan pada saat hawa dingin mengigit tulang. sementara disaat itu dia tidak memiliki kekayaan apapu n selain seekor onta untuk pemopang hidupnya. namun rasa kedermawanan itu bisa menggetarkan dirinya, lalu ia pun bangkit menghampiri onta satu-satunya dan menyemblihnya, agar dia bisa menjamu tamunya.

2. memenuhi janji

dimata mereka, janji sama dengan hutang yang harus dibayar. bahkan mereka lebih suka membunuh anaknya sendiri membakar rumahnya dari pada meremehkan janji.

3. kemulian jiwa dan keengganan menerima kehinaan dan kelaliman
akibatnya, mereka bersikap berlebih-lebihan dalam keberanian, sangat pencimburu dan cepat naik darah. mereka tidak mau mendengar kata-kata yang menggambarkan kehinaan, melainkan mereka bangkit menghunus pedang, lalu pecah perperangan yang berkepanjangan.

4. pantang mundur

jika mereka sudah mengingikan suatu yang disitu ada keluhuran dan kemuliaan, maka tak ada sesuatu yang disitu ada keluhuran dan kemuliaan, maka tak ada satupun yang bisa menghadang atau mengalihkannya

5. kelemah lembutan dan suka menolonh orang lain

mereka bisa membuat sanjungan tentang sifat ini, hanya saja sifat ini kurang tampak berlebihan-lebihan dalam masalah keberanian dan mudah terseret kepada perperangan.

6. kesederhanaan dan pola kehidupan badui
mereka tidak mau dilumuri warna-warni peradaban dan gemerlapannya. hasilnya adalah kejujuran, dapat dipercaya, meninggalkan dusta dan penghianatan.

0 comments:

Post a Comment