Monday 1 August 2016

CERITA BAHASA ARAB : ولد نجيب ANAK YANG PINTAR


زار جليف من بني العباس يوما و زيره في داره. و كان للوزير ولد نجيب. فلما جلس الخليفة أجلس الصبي إلي جانبه. و سأله " أدار الخليفة أحسن أم دار أبيك؟" فأجاب الصبي علي الفور " متى كان الخليفة في دار أبي فدار أبي أحسن". ثم أراه ختما ثمينا في خنصره. و سأله " هل رأيت جيرا هذا الخاتم". نعم. اليد هو فيها خير منه"
فدهش الخليفة من حسن جوابه. و قال له " هل تحب أن تكون خليفة بعيدي؟" فقال الصبي " أبن الجليفة أولى منيز فهو صاحب الحق في الخلافة. و أنا لست من الخائنين". فزاد سرور الخليفة من هذا الجواب. الذي يدل على الذكاء و الولاء. و التقفت إلي أبيه و قال له : " لا بد أن تكون لا بنك هذا شأن متي بلغ الرجولة "

ANAK YANG PINTAR
Pada suatu hari ada seorang kalifah dari bani abbas untuk bertamu di rumah mentrinya. Dan mentri tersebut memiliki seorang anak yang pintar. Kemudian ia duduk dan mendudkkan anak kecil tersebut di sampingnya. Kemudia bertanyalah khalifah tersebut kepada anak kecilnya “ apakah rumah kalifah lebih bagus dari rumah bapakmu?” maka menjawablah anak tersebut dengan segera “ ketika khalifah di dalam rumah bapak saya maka rumah bapak saya lebih bagus”. Kemudia ia meliha cicin di jari kelingking. Maka bertanyalah ia “ apakah kamu melihat yang lebih bagus dari cincin ini?” maka menjawablah anak kecil tersebut “ iya, tangan yang memakainya lebih bagus.”

Maka heranlah khalifah tersebut atas jawaban yang bagus tersebut. Maka berkatalah ia kepadanya “ apakah kamu akan menjadi khlaifah setelah saya?” maka berkatalah anak kecil tersebut “ anak khalifah lebih dulu dari saya. Dan dia adalh pemilik yang sebenarnya dalam khalifah. Dan saya bukanlah dari yang berharga”. Maka senanglah perasaan atas pertanyaan ini. yang menunjukkan kepada kepintaran dan loyalitas. Maka dia menghadap kepada bapaknya. Dan berkata kepadanya: “ janganlah kamu seperti bapakmu ini ketika umurnya muda”

0 comments:

Post a Comment