Friday 29 July 2016

TOKOH-TOKOH ILMUAN MUSLIM

IBNU BATUTA
ibnu batutah lahir pada 24 Februari 1204 (723H) di tangier Maroko. Ibnu Batutah dikenal karena pertualangannya mengelilingi dunia hampir 120.000 kilometer telah ditempuhya sselama rentang waktu 1325-1354 M atau tiga kali lebih panjang dari pada yang ditempuh oleh Marcipolo.

AL-KHAZINI
salah seorang kontribusi penting yang diwariskan al-khazini dalam bidang astronomi adalah tabel sinjanic. tabel itu ditulisnya dalam sebuahrisalah astronomi bertajuk az-Zij as-Sajari. dalam manuskrip itu dia menjelaskan jam air yang di bagi menjadi 24 jam dan di desain untuk keperluan astronomi. jam ini adalah salah satu jam astronomi pertama yang di kenal diduia islam kala itu.

IBNU SINA
ibnu sina memiliki konstribusi yang sangat besar terhadap duia kedokteran melalui masteropiece-nya " canon of Madicine", hingga ia dijuluki sebagai " bapak kedokteran dunia.

IBNU YUNUS
ia adalah seorang astronomi danmatematikawan muslim dari mesir. salah satu astronom muslim terkemuka yang banyak menerapkan buah pemikiran. Ibnu Yunus adalah al-Tusi. lewt likhani zij yang ditulis al-tusi, hasil penelitian ibnu yunus tentang bulan dan matahari masih tetap digunakan.

IBNU KHALDUN
ibnu khaldun adalah seorang sejarawan muslim dari tunisia dan sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi dan ekonomi. karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah (pendahuluan)

ASY SYARIF AL-IDRISI
al-idrisi adalah seorang pakar geografi, kartografi, mesirologi, dan pengembara yang tinggal di sisilia, tepatnya di istina Raja Roger II. karya teks Geografi Al-Isdrisi, NUzhutul Mushtaq, sering dikutip oleh para pendukung teori hubungan andalusia-Amerika Pra-Colobus. dalam teks ini, al-Idrisi menulis mengenai Samudra Atlantik.

UMAR KHAYYAM
umar khayyam terkenal sebagai seorang matematika dan astronomi yang memprhitungkan bagaimana mengoreksi kalender Persia. diapun terkenal karena menemukan metode memcahkan persamaan kjbik dengan memotong sebuah parabola dengan sebuah lingkaran.

IBNU MAJID
Ibnu majid adalah seorang ilmuan muslim yang telah behasil menemukan kompas sebagai alat petunjuk mata angi, sebuah konstribusi berharga bagi dunia ilmu pengetahuan Modern. ia menulis tentang petunjuk pelayaran, seperti pengetahuan tentang jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain, perkiraan kecepatan dan arah mata angin. kondisi medan, serta berbagai kiat yang memudahkan pelayaran. disamping itu, ibnu majid juga menyisipkan rute pelayaran untuk melintasi laut merah, samudra hindia, dari berbagai kawasan yang berbeda.

ALJAZARI
al-jazari adalah seorang ilmuan dari Al-jazira, mesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan. dia penulis kitab fi Ma'tifat al-hiyal al-handasiyya ( ilmu pengetahuan ilmu mekanik) tahun 1206, dimana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik beriut instruksi tentang berbagai cara merakitnya.

ISHAQ AL-MAWSILI
ishaq al-mawsili adalah seorang mjusisi pada masa Harun Al-Rasyid. dia terkenal dari keluarga musisi di Irak, ayahnya bernama Ibrahim Al-Mawsili. dia merupakan guru dari pemusik fenomena lainnya Ziryad.

ABU KHAIR
abu khair dikenal sebagai seorang dokter botani dan pakar masalah pertanian. sehubungan dengan itu ia menulis buku yang membahas masalah-masalah pertanian. sebagai seorang ahli botani,Abu Khayr mencoba mengklarifikasikan tumbuhan berdasarkan habitat dan proses perkembangannya. al-filaha adalah salah satu karya abu Khayr. karya ini masih tersimpan di bibiliotheque, paris, prancis.

IBNU BAITSAR
dikenal sebagai ahli botami (tetumbuhan) dan farmasi (obat-obatan) pada abad pertengahan. dilahirkan pada akhir abad 12 di kota malaga (Spanyol), Ibnu Al-baitsarmenhabiskanmasa kecilnya di tanah andalusia tersebut. seumbangsih utama Al-baitar adalah kitab al-jami li mufradat al-adweya wa al-agtheya ( dibawa ke barat dan diterjemahkan menjadi the complete (book) ini simple medicaments and nutritious.

0 comments:

Post a Comment