Monday 8 August 2016

AL-JUMLATUL MUFIDAH (KALIMAT YANG LENGKAP)

CONTOH :
البستان جميل
الشمس طالعة
شم علي وردة
قطع محمد زهرة
يعيش السمك في الماء
يكثر النخيل في مصر

PEMBAHASAN
apabila kita melihat ke contoh tulisan yang pertama maka kita akan mendapatkan tulisan yang terdiri dari 2 kata, yang satu adalah البستان kebun dan yang kedua adalah جميل indah, apabila kita mengambil kalimat yang pertama yaitu البستان maka kita tidak akan mengerti dengan arti kalimat tersebut dan tidak cukup untuk para pendengar, dan seperti itu pula apabila kita mengambil kalimat yang kedua dari contoh yang pertama yaitu جميل. tetapi, apabila kita sertakan kata tersebut dengan kata yang lainnya dengan tepat dalam penulisan, maka kita akan mengatakan البستن جميل kebun itu indah, maka kita akan mengerti arti dari kalimat tersebut. maka kita akan memahaminya dengan lengkap, yaitu kebun itu indah. dan seperti itu juga contohnya dengan penulisan kalimat yang lain. dan seperti ini juga penjelasan dengan kalimat-kalimat yang lainnya.

maka oleh karena itu kita melihat bahwa satu kalimat tidak cukup untuk pendengar, oleh karna itu haruslah dari dua kalimat atau lebih hingga dia di pahami oleh orang lain dan memiliki unsur yang tepat. dan contoh lainnya : قم, اجلس, تكلم. sebagai mana yang kita lihat nahwa kalimat ini seperti satu, dan sesungguhnyakalimat ini bukanlah satu, karena dia adalah kalimat yang terdiri dari 2 kata, yaitu satu yang di lafadzkan قم dan satu lagi yang tidak dilafadzkan yaitu انت.

KESIMPULAN
tulisan dalam bahasa arab yang terdiri dari faedah yang tepat maka itu disebut sebagai kalimat yang lengkap atau pembicaraan.
kalimat yang lengkap itu terdiri dari dua kalimat atau lebih. dan setiap kalimat tersebut kembali kepada bagiannya masing-masing.

0 comments:

Post a Comment