Tuesday 9 August 2016

PEMBAGIAN KALIMAT DALAM BAHASA ARAB

CONTOH
ركب إبرهم الحصان
يداعب إسماعيل القط
يحصد الفلاح القمح
تأكل الشاة قولا و شعيرا
سمعت النصيحة
يسطع النور في الحجرة
تجرى السفينة علي الماء
هل تحب السفر ؟

PEMBAHASAN
sebagai mana yang kita ketahui sebelumnya bahwa kalimat yang lengkap itu terdiri dari beberapa bagian dan dia disebut sebgai kalimat. dan sekarang kita akan menjelaskan dalam pelajaran ini bagian-bagian kalimat:
apa bila kita membahaas kalimat yang bersama kita maka kita akan medapatkan kalimat إبرهيم dan اسماعيل dan الفلاح dan الفاظ maka itu golongkan kedalam bagian dari nama orang. sedangkan الحصان, القط, الشاة, الفاظ digolongkan kedalam nama hewan. sedangkan القمح, والول, الشعير, الفلظ digolongkan kedalam nama-nama tumbuhan. sedangkan الحجرة, السفيينة, الماء, الفاظ, maka digolongkan kedalam maani. oleh karena itu kata yang diatas digolongkan kedalam ismu / nama. dan kalimat yang digolongkan kedalam ismun adalah nama orang, hewan, tumbuh-tumbuhan, atau jamad, dan segala sesuatu yang tidak bisa dihitung.
kembali lagi kita kedalam kalimat yang daiatas maka kita akan mendapatkan kalimat seperti ركب , يداعب, يحصد, تأكل maka digolongkan kedalam fiil atau kata kerja. dan kembali kita melihat lagi kedalam kalimat yang diatas maka kita akan mendapatkan kalimat في, علي, هل. apabila kita hanya melatekkan kalimat tersebut tanpa menggunakan kalimat lain maka kita tidak tau makna yang sebenarnya dari sebuah kalimat. dan apabila kita meletakkannya kedalam kalimat maka kita akan mendapatkan arti makna yang sesungguhnya dati kata tersebut dalam kalimat maka kalimat tersebut yang tidak memiliki makna tanpa di sambung dengan kalimat yang lengkap maka dia digolongkan kedalam huruf / harfyn

KESIMPULAN
pembagian kalimat dalam bahasa arab dia bagi atas tiga yaitu , ismun / nama , fiil / kata kerja, huruf
1. ismun . nama benda yaitu setiap perkataan atau ucapan yang mana menunjukkan kepada orang, hewan, tumbuh-tumbuhan, jamak, atau segala sesuatu yang tidak bisa dihitung.
2. fiil, adalah setiap perkataan atau ucapan yang menunjukkan kepada pekerjaan pada waktu-waktu tertentu.
3. huruf adalah setiapa perkataan atau ucapan yang tidak memiliki makna yang tepat apabila tidak dihubungkan dengan kalimat yang lain.

0 comments:

Post a Comment