Tuesday 2 August 2016

CERITA BAHASA ARAB :حلاقة الكسب MANISNYA SEBUAH KEUNTUNGAN

حلاقة الكسب
ادخل رجل ابنه في عمل. و طلب منه أن يأته كل يوم باجره. وكان للولد ام جاهلة تحبه. و لا تود ان يستغل لئلا يتعب. فكان الولد يهرب من عمله لي ليجمع بأخوانه البطالين. و يقضون نهارهم في اللعب. و متى جاء المساء عاد الولد الى البيت. فعطيه امه قدر أجره ليقدمه إلي ابيه فيأخذ الرجل هذه الدراهم و يرميها من الشباك. و لما طال الحال بتلك الأم الجاهلة. نفد ملها. فقلت لابنها "ة اذهب و اشتغل اليوم. لأن مالي نفد كله". فذهب الولد و اشتغل طول النهار. و عاد و معه أجره و قدمه إلي ابيه. فأخذ الرجل الدراهم. و هم ان يرميها من الشباك كعادته. فصرخ الولد و قال " لا تفعل يا ابي. فإبي كسبتها اليوم بكدي . و لا علي ضياعها".

MANISNYA KEUNTUNGAN
Pada suatu hari ada seorang pemuda yang memsukkkan anaknya ke dalam sebuah pekerjaan. Dan meminta kepada agar dapat memberikannya setiap hari dari upah yang anak tersebut dapatkan. Anak tersebut memiliki seorang ibu yang kurang pandai tetapi dia sangat mencitai anaknya dan tidak ingin anaknya kerja agar tidak lelah. Anak kecil tersebut selalu lari dari pekerjaannya untuk berkumpul dengan adek-adeknya yang kecil. dan menghabiskan siang mereka dengan bermain. Dan pada sore hari anak tersebut kembali ke rumahnya. Seketika diberikannya kepada ibu sebgaian dari upah dan menghadap kepada ayahnya dan ayahnya pun mengambil dirham tersebut dan membuangnya dari jendela.

Dan tidak lama kemudian keadaaan ibunya yang kurang pandai habislah uangnya. Maka dia berkata kepada anaknya. “ pergilah dan bekerjalah sepanjang hari, karena harta sudah habis seluruhnya”. Maka pergilah anak tersebut dan bekerja sepanjang hari. Dan kembali ke rumahnya dengan membawa upah dan memberikannya kepada ayahnya. Dan pemuda tersubut mengambilnya dan membuangnya lagi dari jendela seperti biasanya. Maka berteriaklah anak tersebut dan berkata “ janganlah engkau lakukan wahi ayah. Karena saya mendapatkanya dengan tenaga. Dan tidak mudah untuk menghilangkannya”

0 comments:

Post a Comment